Home » » SUARA SANTRI UNTUK NEGERI

SUARA SANTRI UNTUK NEGERI

SUARA SANTRI UNTUK NEGERI
Oleh: yovi_el faqir
🍂@santri aswaja
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
Semoga hidayah dan taufiq Allah tetap terlimpahkan kepada kita semua😊khususnya bagi para guru-guru kami, para kyai. Allahumma towwil umurohum wa sohhih ajsadahum. Aamiin
Penting disini saya sampaikan suara kami terkait kondisi politik negeri ini yang mungkin mewakili para santri diseluruh negeri terkait beberapa isu-isu politik yang membawa nama-nama guru kami.
Kami para santri dididik oleh guru kami dipondok pesantren untuk belajar dari para salafus soleh tidak hanya dalam segi keilmuan tapi juga belajar bagaimana pola pikir para ulama terdahulu.
Para ulama terdahulu dalam berijtihad tidak hanya menyimpulkan hukum (istimbath) dari ayat alquran dan hadits yang sifatnya tafsili. Tapi juga mempertimbangkan kaidah-kaidah yang berorientasi kepada suatu kemaslahatan umat. (Jalbu masolih wa darul mafasid= menarik kemaslahatan dan menghilangkan kemudhorotan) para ulama terdahulu sangatlah bijak dalam menyimpulkan segala sesuatu. hal ini didasarkan kepada keilmuan mereka yang begitu luas. Kami para santri dididik untuk meniru pola pikir ulama terdahulu, termasuk dalam memandang masalah politik yang terjadi di negeri ini.
Allah berfirman didalam alquran "innallaha alimun hakim" sesungguhnya Allah maha mengetahui dan maha bijaksana.
Dari sini bisa kita simpulkan bahwa syarat untuk menjadi orang yang bijak itu harus berilmu. Kata aliimun disebut dulu baru kata hakimun.
Kami para santri belajar bahwasannya memandang segala sesuatu tidak hanya dilihat dari satu sisi tetapi juga melihat dari sisi-sisi yang lain sehingga tidak mudah menyalahkan orang lain dari apa yang nampak secara dohir. Ketika kami memandang cerita zulaikha yang merayu nabi Yusuf, kami para santri tidak hanya memandang zulaikha sebagai wanita penggoda akan tetapi juga wanita yang setiap malam menyesali segala perbuatannya dan bertobat kepada Allah. Makanya Allah akhirnya menakdirkan nabi Yusuf dan Zulaikha untuk menikah. Tidak mungkin nabi Yusuf dijodohkan oleh Allah dengan Zulaikha, klau zulaikha bukanlah wanita yang bertobat atas kekhilafannya.
Semakin bodoh seseorang maka semakin mudah dia menyalahkan orang lain.
Sodaraku sesama muslim, kami para santri selalu menghormati guru-guru kami dan kyai-kyai kami dan selalu patuh kepada mereka. Teringat perkataan Kh. Abdurahman Wahid yang mengatakan "jika seandaiya saya(santri) disuruh untuk masuk Api oleh kyai saya, saya akan melakukannya" ini menunjukkan betapa kuatnya prinsip santri dalam mentaati perintah gurunya. Hal ini dikarenakan para santri di pondok pesantren tidak hanya mencari ilmu tapi juga mencari barokah dari seorang guru.
Terkait dengan beberapa isu politik yang membawa nama-nama guru kami dengan kebijakan yang dianggap kontroversial seperti KH. Said Aqil Siroj yang bekerja sama dengan Hary tanoe. Kami tidak langsung menyalahkan beliau, kami tetap menghormati beliau sebagai seorang ulama terkait masalah kebijakan kontroversialnya, kami hanya husnudhon mungkin kami yang belum paham dengan maksud beliau. Dan bukan berarti kami membenarkan kebijakan tersebut.
Ibarat seorang nabi Musa yang belum paham dengan keputusan kontroversial seorang nabi Khidir.
Jika dibandingkan dengan seorang nabi Khidir lebih kontroversial mana keputusan beliau dengan kebijakan2 Gusdur pada jamannya atau Dengan Kh. Said? Kebijakan kontroversial dari Kh. Said Aqil tidak apa2nya jika dibandingkan dengan nabi Khidir. Akan tetapi faktanya Nabi Khidir adalah kekasih Allah.
Oleh karena itu kami para santri tidak langsung menyalahkan beliau karena beliau adalah guru-guru kami. Kami hanya berusaha tidak hanya melihat segala sesuatu dari satu sisi, hanya dari apa yang tampak secara dhohir. Kami hanya belajar untuk tidak gampang menyalahkan orang lain, apalagi menyalahkan guru-guru kami. Terkait mana yang benar dan mana yang salah Allah lah yang lebih taw. Kami tetap menghormati beliau akan tetapi juga tidak membenarkan keputusan kontroversial beliau.
"Kami hanya seperti nabi musa yang belum mengerti dengan perbuatan nabi Khidir"
Semoga Allah akan segera menampakkan yang benar itu benar dan yang salah itu salah. Aamiin.
Lumajang, 21/12/2016

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Cari

Popular Posts