Home » » DO’A ISTIFTAH

DO’A ISTIFTAH

DO’A ISTIFTAH

 اَللَّھُمَّ بَاعِدْ بَیْنِيْ وَبَیْنَ خَطَایَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَیْنَ الْمَشْرِقِ
HR. Muslim: 1/288.HR. Bukhari: 1/152. Untuk kalimat: ‘Innaka laatukhliful mii’aad’,
menurut riwayat Baihaqi: 1/410, Al-Allamah Abdul Aziz bin Baaz
berpendapat, isnad hadits tersebut hasan dalam Tuhfatul Akhyar, hal..
43. HR. At-Tirmidzi, Abu Dawud dan Ahmad. Lihat Irwa’ul Ghalil: 1/262.
Hisnul Muslim 31
وَالْمَغْرِبِ، اَللَّھُمَّ نَقِّنِيْ مِنْ خَطَایَايَ، كَمَا یُنَقَّى الثَّوْبُ اْلأَبْیَضُ مِنَ
الدَّنَسِ، اَللَّھُمَّ اغْسِلْنِيْ مِنْ خَطَایَايَ بِالثَّلْجِ وَالْمَاءِ وَالْبَرَدِ
.
“Ya Allah, jauhkan antara aku dan kesalahankesalahanku,
sebagaimana Engkau menjauhkan
antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku
dan kesalahan-kesalahanku, sebagaimana baju putih
dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, cucilah aku dari
kesalahan-kesalahanku dengan, es, air dan salju”.
 سُبْحَانَكَ اللَّھُمَّ وَبِحَمْدِكَ، وَتَبَارَكَ اسْمُكَ، وَتَعَالَى جَدُّكَ، وَلاَ
إِلَھَ غَیْرُكَ.
28. Maha Suci Engkau ya Allah, aku memuji-Mu,
Maha Berkah akan nama-Mu, Maha Tinggi kekayaan
dan kebesaran-Mu, tiada Ilah yang berhak disembah
selain Engkau.45
وَجَّھْتُ وَجْھِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ حَنِیْفًا وَمَا أَنَا
مِنَ الْمُشْرِكِیْنَ، إِنَّ صَلاَتِيْ، وَنُسُكِيْ، وَمَحْیَايَ، وَمَمَاتِيْ لِلَّھِ رَبِّ
الْعَالَمِیْنَ، لاَ شَرِیْكَ لَھُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِیْنَ. اَللَّھُمَّ
أَنْتَ الْمَلِكُ لاَ إِلَھَ إِلاَّ أَنْتَ. أَنْتَ رَبِّيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، ظَلَمْتُ نَفْسِيْ
وَاعْتَرَفْتُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْلِيْ ذُنُوْبِيْ جَمِیْعًا إِنَّھُ لاَ یَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ
أَنْتَ. وَاھْدِنِيْ لأَحْسَنِ اْلأَخْلاَقِ لاَ یَھْدِيْ لأَحْسَنِھَا إِلاَّ أَنْتَ،
وَاصْرِفْ عَنِّيْ سَیِّئَھَا، لاَ یَصْرِفُ عَنِّيْ سَیِّئَھَا إِلاَّ أَنْتَ، لَبَّیْكَ
وَسَعْدَیْكَ، وَالْخَیْرُ كُلُّھُ بِیَدَیْكَ، وَالشَّرُّ لَیْسَ إِلَیْكَ، أَنَا بِكَ وَإِلَیْكَ،
تَبَارَكْتَ وَتَعَالَیْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَیْكَ.
.“Aku menghadap kepada Tuhan Pencipta langit
dan bumi, dengan memegang agama yang lurus dan
aku tidak tergolong orang-orang yang musyrik.
Sesungguhnya shalat, ibadah dan hidup serta matiku
adalah untuk Allah. Tuhan seru sekalian alam, tiada
sekutu bagi-Nya, dan karena itu, aku diperintah dan
aku termasuk orang-orang muslim. Ya Allah, Engkau
adalah Raja, tiada Tuhan (yang berhak disembah)
kecuali Engkau, engkau Tuhanku dan aku adalah
hamba-Mu. Aku menganiaya diriku, aku mengakui
dosaku (yang telah kulakukan). Oleh karena itu,
ampunilah seluruh dosaku, sesungguhnya tidak akan
ada yang mengampuni dosa-dosa, kecuali Engkau.
Tunjukkan aku pada akhlak yang terbaik, tidak akan
menunjukkan kepadanya kecuali Engkau. Hindarkan
aku dari akhlak yang jahat, tidak akan ada yang bisa
menjauhkan aku daripadanya, kecuali Engkau. Aku
penuhi panggilan-Mu dengan kegembiraan, seluruh
kebaikan di kedua tangan-Mu, kejelekan tidak
dinisbahkan kepada-Mu. Aku hidup dengan
pertolongan dan rahmat-Mu, dan kepada-Mu (aku
kembali). Maha Suci Engkau dan Maha Tinggi. Aku
minta ampun dan bertaubat kepada-Mu”.46
 اَللَّھُمَّ رَبَّ جِبْرَائِیْلَ، وَمِیْكَائِیْلَ، وَإِسْرَافِیْلَ فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ
وَاْلأَرْضِ، عَالِمَ الْغَیْبِ وَالشَّھَادَةِ، أَنْتَ تَحْكُمُ بَیْنَ عِبَادِكَ فِیْمَا
كَانُوْا فِیْھِ یَخْتَلِفُوْنَ. اِھْدِنِيْ لِمَا اخْتُلِفَ فِیْھِ مِنَ الْحَقِّ بِإِذْنِكَ تَھْدِيْ
مَنْ تَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِیْمٍ.
.“Ya Allah, Tuhan Jibrail, Mikail dan Israfil.
Wahai Pencipta langit dan bumi. Wahai Tuhan yang
mengetahui yang ghaib dan nyata. Engkau yang
menjatuhkan hukum (untuk memutuskan) apa yang
mereka (orang-orang Nasrani dan Yahudi)
perselisihkan. Tunjukkanlah aku pada kebenaran apa
yang dipertentangkan dengan seizin dari-Mu.
Sesungguhnya Engkau menunjukkan pada jalan yang
lurus bagi orang yang Engkau kehendaki”.47
 (( اَللهُ أَكْبَرُ كَبِیْرًا، اَللهُ أَكْبَرُ كَبِیْرًا، اَللهُ أَكْبَرُ كَبِیْرًا، وَالْحَمْدُ
لِلَّھِ كَثِیْرًا، وَالْحَمْدُ لِلَّھِ كَثِیْرًا، وَالْحَمْدُ لِلَّھِ كَثِیْرًا، وَسُبْحَانَ اللهِ
بُكْرَةً وَأَصِیْلاً)) ثلاثا (( أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّیْطَانِ، مِنْ نَفْخِھِ وَنَفْثِھِ
وَھَمْزِهِ)).
“Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah
Maha Besar. Segala puji bagi Allah dengan pujian
yang banyak, segala puji bagi Allah dengan pujian
yang banyak, segala puji bagi Allah dengan pujian
yang banyak. Maha Suci Allah di waktu pagi dan
sore”. (Diucapkan tiga kali). “Aku berlindung kepada
Allah dari tiupan, bisikan dan godaan setan”.48
إِذَا قَامَ مِنَ اللَّیْلِ یَتَھَجَّدُ قَالَ: اَللَّھُمَّ لَكَ الْحَمْدُ  
  كَانَ النَّبِيُّ
أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِیْھِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَیِّمُ
السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِیْھِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ
وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِیْھِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ
وَمَنْ فِیْھِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ
47. HR. Muslim: 1/534.
48. HR. Abu Dawud 1/203, Ibnu Majah 1/265 dan Ahmad 4/85. Muslim
juga meriwayatkan hadits semakna dari Ibnu Umar, dan di dalamnya
terdapat kisah 1/420.
Hisnul Muslim 34
الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ،
حَقٌّ، r وَالْجَنَّھُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِیُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ
وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللَّھُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَیْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ،
وَإِلَیْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَیْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ
وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ،
لاَ إِلَھَ إِلاَّ أَنْتَ، أَنْتَ إِلَھِيْ لاَ إِلَھَ إِلاَّ أَنْتَ.
 Apabila Nabi r shalat tahajud di waktu malam,
beliau membaca: “Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji,
Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-
Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan
bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau
Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya.
Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan
bumi serta seisi-nya. Bagi-Mu segala puji, Engkau
benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu
dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka
adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah
benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari-
Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah,
kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal,
kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali
(bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat
(kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan
ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu,
ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan
datang. Engkaulah yang mendahulukan dan
mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah
kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada
Hisnul Muslim 35
Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau”.49

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Cari

Popular Posts